Kamis, 26 Mei 2016

Koloid, larutan, dan suspensi

·         Koloid adalah suatu campuran zat heterogen (dua fase) antara dua zat atau lebih di mana partikel-partikel zat yang berukuran koloid (fase terdispersi/yang dipecah) tersebar secara merata di dalam zat lain (medium pendispersi/ pemecah). Dimana di antara campuran homogen dan heterogen terdapat sistem pencampuran yaitu koloid, atau bisa juga disebut bentuk (fase) peralihan homogen menjadi heterogen.
Campuran homogen adalah campuran yang memiliki sifat sama pada setiap bagian campuran tersebut, contohnya larutan gula dan hujan.
Sedangkan campuran heterogen sendiri adalah campuran yeng memiliki sifat tidak sama pada setiap bagian campuran, contohnya air dan minyak, kemudian pasir dan semen.

Ukuran partikel koloid berkisar antara 1-100 nm. Ukuran yang dimaksud dapat berupa diameter, panjang, lebar, maupun tebal dari suatu partikel. Contoh lain dari sistem koloid adalah adalah tinta, yang terdiri dari serbuk-serbuk warna (padat) dengan cairan (air). Selain tinta, masih terdapat banyak sistem koloid yang lain, seperti mayones, hairspray, jelly, dll.

Ciri- ciri :
a.       2 fase
b.      Keruh
c.       antara homogen dengan heterogen
d.      diameter partikel: 1 nm<d<100 nm
e.       tidak dapat disaring dengan penyaring biasa, melainkan dengan penyaring ultra
f.       tidak memisahkan jika didiamkan

·         Larutan adalah campuran homogen antara zat terlarut dan pelarut. Zat terlarut dinamakan juga dengan fasa terdispersi atau solut, sedangkan zat pelarut disebut dengan fasa pendispersi atau solvent. Contohnya larutan gula atau larutan garam.
Ciri- Ciri :
a.       1 fase
b.      Jernih
c.       Homogen
d.      diameter partikel:  <1 nm
e.       tidak dapat disaring
f.       tidak memisah jika didiamkan

·         Suspensi adalah campuran heterogen yang terdiri dari partikel – partikel kecil padat atau cair yang terdispersi dalam zat cair atau gas. Misalnya, tepung beras dilarutkan dalam air dan dikocok dengan kuat; Apabila campuran tersebut dibiarkan beberapa saat, campuran tersebut akan mengendap ke bawah.
      Ciri- ciri :
            a.       2fase
b.      Keruh
c.       Heterogen
d.      Diameter partikel : > 100nm
e.       dapat disaring dengan kertas saring bias 
f.     Memisah jika didiamkan

1 komentar:

  1. As claimed by Stanford Medical, It's really the SINGLE reason women in this country live 10 years more and weigh on average 19 kilos less than us.

    (And really, it is not related to genetics or some secret diet and EVERYTHING around "how" they are eating.)

    BTW, What I said is "HOW", not "what"...

    Click this link to reveal if this brief quiz can help you release your true weight loss potential

    BalasHapus