Minggu, 27 Maret 2016

MENGAMATI STRATEGI PEMASARAN ONLINE LAZADA

A.   Definsi Pemasaran Online
Pemasaran elektronik atau pemasaran internet atau disebut juga pemasaran online adalah segala upaya menggunakan media elektronik atau internet untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa.
Dalam bahasa Inggris, pemasaran online sering disebut dengan e- marketing, internet marketing, atau online marketing. Dimana arti dari huruf e dalam e- marketing ini berarti elektronik dimana memiliki arti bahwa kegiatan pemasaran yang dimaksud dilakukan secara elektronik melalui media jaringan internet.
Pemasaran online kini bukan lagi sebuah tren asal- asalan yang sekedar muncul karena kepopuleran internet. Pemasaran online telah menjadi sebuah pasar yang kuat dan mempunyai potensi tinggi yang akan berlangsung dan bertahan lama.
Kegiatan pemasaran online pada umumnya meliputi pada hal- hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli, dan penulisan kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa.
Hal yang paling penting dan harus selalu diingat adalah bagaimana terus berinovasi agar produk dan jasa dapat dengan mudah ditemukan di internet, karena akhir- akhir ini, sebelum memutuskan untuk membeli produk, konsumen selalu menyempatkan browsing informasi di internet, entah itu hanya membandingkan harga, atau merinci spesifikasi produknya.

B.   Manfaat Pemasaran Online
Ilmu strategi pemasaran kini tidak lagi terbatas pada pemasaran tradisional. Kini pemasaran online lokal atau kecil- kecilan sekalipun harus memiliki konsep yang matang dan dapat menjangkau konsumen luas bila ingin berkembang karena persaingan dalam pemasaran online semakin besar.
Berikut ini adalah beberapa manfaat pemasaran online :
1.      Waktu untuk memasarkan produk yang tidak terbatas karena bisa diakses 24 jam
2.      Biaya pemasaran berkurang karena tidak perlu mendirikan outlet dan tidak perlu brosur, spanduk dan sebagainya.
3.      Bisa menjangkau pasar yang lebih luas sampai ke manca negara.
4.      Strategi pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan.
5.      Pelaku usaha dimudahkan dalam menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau e-mail.

C.   Strategi Pemasaran Online
Aktivitas online menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan bagi sebagian besar masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Dengan melihat kondisi ini, para pengusaha mau tidak mau harus mengikuti gaya hidup masyarakat modern agar pangsa pasar yang mereka kuasai tetap bertahan dan bertambah.
Setidaknya ada enam jenis strategi marketing yang banyak dilakukan oleh pengusaha untuk meraih konsumen, yaitu :
1.      Content Marketing
Strategi ini adalah berupaya untuk menarik calon konsumen dengan cara menyediakan beragam informasi yang dicari konsumen, misalnya video, artikel, hasil riset, dan sebagainya. Namun, ragam informasi yang disediakan ini harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan, contohnya toko online obat kecantikan menyediakan tips- tips agar tetap cantik dan menarik.
2.      Mobile Marketing
Strategi pemasaran ini mengarah kepada calon konsumen yang sering browsing menggunakan perangkat mobile seperti handphone dan tablet. Para pebisnis harus mendesain ulang website bisnisnya agar mudah diakses dengan gadget mobile. Menurut berbagai sumber, rata- rata jumlah konsumen yang membeli produk lewat ponsel saat ini mencapai 30-40 %.
3.      Continuous Marketing
Pemasaran yang berkelanjutan ini menekankan kepada promosi pada jejaring media sosial. Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram menjadi jalur utama dalam melaksanakan continuous marketing.Pebisnis harus rajin menganalisis berbagai data agar bisnisnya berkembang, misalnya feedback konsumen dan opini untuk menemukan konsep produk bisnis yang diinginkan konsumen.
4.      Intregated Digital Marketing
Strategi pemasaran ini memanfaatkan dan menyatukan segala komponen sumber daya digital yang ada untuk memperkuat efektifitas pemasaran. Misalnya kampanye brand, sinergi antar blog, media sosial dan sebagainya harus selalu berkolaborasi untuk menjangkau konsumen yang bervariatif.
5.      Visual Marketing
 Visual marketing lebih mengedepankan bagaimana menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan karena satu gambar bisa mewakili 1000 kata. Saat ini visual marketing semakin mudah dilakukan di dunia maya berkat adanya berbagai situs sharing seperti Youtube, instagram, vine dan lainnya. Kreatifitas dalam membuat gambar merupakan salah satu prasyarat untuk sukses dalam menjalankan strategi visual marketing.
6.      Personalized Marketing
Biasanya strategi ini sering disebut dengan istilah one to one marketing yaitu strategi pemasaran yang mengedepankan bahwa setiap personal konsumen adalah unik, sehingga masing- masing konsumen mendapat perlakuan yang berbeda- beda. Di bisnis e-commerce, personalized marketing dapat kita lihat pada cara kerja sebuah situs toko online yang menampilkan produk- produk yang dijualnyaberbeda- beda untuk masing- masing user, baik berdasarkan target lokasi, minat dan hobi, umur, gender, dan sebagainya. Raja toko online dunia yaitu Amazon telah sukses menerapkan straategi personalized marketing ini.

Selain enam strategi pemasaran di atas, sebuah perusahaan online harus melihat dua hal dalam mengembangkan toko online mereka, yaitu :
1.      Website
Sebuah website memainkan peran penting dalam kemampuan perusahaan untuk menambah konsumen. Karena pelanggan potensial akan mencari informasi produk dan layanan yang diberikan di situs website. Sebuah website memberikan eksistensi online yang memungkinkan pelanggan untuk mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan, layanan, dan produk yang dijual. Website kolektif juga salah satu cara yang bagus untuk memasarkan dan menjual produk mereka karena bisa ditangani oleh banyak admin dan beban operasional website akan lebih murah.
2.      Promosi
Dalam memasarkan toko online, tidak hanya di media sosial, para pengusaha sudah banyak yang melakukan promosi di media televisi karena hampir semua orang setiap hari menonton acara televisi. Promosi bisa dilakukan dengan membuat iklan yang inovatif, kreatif, dan menarik dengan menawarkan kemudahan berbelanja di toko online mereka, dan menawarkan banyak diskon, serta kemudahan lainnya. Tujuannya hanya satu, yaitu menarik konsumen dan membuat konsumen puas dengan fasilitas yang dimiliki toko online tersebut.

D.   Strategi Pemasaran Online LAZADA
Lazada.co.id adalah salah satu toko online terbaik di Indonesia yang hadir dengan konsep produk yang lengkap dan kemudahan belanja online pesan antar. Keberhasilan sistem pemasaran online tentunya tidak lepas dari antusiasme masyarakat Indonesia yang menginginkan kemudahan dan kepraktisan dalam berbelanja.
Visi Lazada saat mulai dirintis adalah menjadi toko online yang paling bisa dipercayai di Indonesia, karena pada awal Lazada berdiri, mereka melihat masih banyak orang di Indonesia yang belum percaya dengan belanja online. Menurut Lazada, ini adalah peluang yang harus segera diambil. Lazada percaya bahwa jika toko online nya ingin menjadi besar, maka Lazada harus menjadi toko online yang bisa dipercaya. Tetapi menjadi terpercaya belumlah lengkap, oleh karena itu, Lazada menjual banyak produk dengan rincian kualitas dan spesifikasinya, karena pada waktu itu, toko online banyak yang menjual produk tanpa disertai spesifikasi produknya.
Ketika Lazada berdiri, mereka fokus pada produk elektronik. Ini terbukti dengan hasil penjualan awal Lazada dimana sekitar 95% berasal dari produk elektronik. Penjualan elektronik Lazada pada awalnya didominasi oleh smartphone dengan jumlah sekitar 70-80% dimana Blackberry yang mendominasi penjualan smartphone Lazada. Sadar akan tingginya permintaan Blackberry pada masa- masa awal Lazada berdiri, Lazada menjadikan Blackberry sebagai pusat perhatian dengan terus menawarkan diskon menarik agar orang mau mengunjungi dan berbelanja di Lazada. Upaya promosi ini mengharuskan Lazada untuk mengurangi margin mereka pada produk ini menjadi 3%. Disinilah Lazada tahu dan paham mana yang sebaiknya menjadi prioritas dalam berbisnis.
Lazada memberikan pelayanan terbaik dari segi kelengkapan produk, pelayanan dan sistem pembayaran. Lazada menyediakan banyak pilihan produk dari berbagai merek dan potongan harga yang menggiurkan jika dibanding dengan toko online lainnya. Selain itu, Lazada sangat peka terhadap perkembangan trend di Indonesia. Dan berkat cepatnya perkembangan Lazada, Lazada telah menduduki top website di Indonesia.
Dalam pemasaran online nya, Lazada pernah bekerja sama dengan Sony Music dalam campaign One Direction, yaitu dengan memberangkatkan beberapa pelanggan Lazada untuk bertemu dengan One Direction. Hal ini adalah salah satu dari sekian banyak strategi pemasaran online yang dilakukan Lazada untuk terus menarik pelanggan.
Lazada sangat mementingkan user interface website untuk kemudahan berbelanja bagi setiap orang, sehingga Lazada meluncurkan website yang lebih bersahabat dan mudah digunakan untuk setiap pengunjung lazada.co.id .
Dengan semakin banyaknya produk yang dijual dan konsumen yang terus bertambah, banyak perusahaan modal usaha dari luar negeri yang menanamkan dana investasi hingga jutaan USD.
Supply Chain dan Marketing adalah pilar utama di Lazada dalam menentukan pertumbuhan bisnis online mereka. Dua elemen inilah yang bisa membuat Lazada tumbuh besar seperti sekarang. Teknologi yang digunakan Lazada tidak begitu inovatif, dalam artian teknologinya tidak rumit dan bisa ditiru banyak orang, tetapi teknologi bukan bagian terpenting di Lazada, melainkan Supply Chain dan Marketing itu sendiri.
Dalam strategi pemasaran online nya,untuk terus menarik konsumen dan untuk menambah pelanggan tetap, Lazada memberikan banyak kemudahan bagi konsumen, antara lain :
1.      Menyediakan produk beraneka ragam
Saat konsumen berkunjung ke website toko online yang menjual sedikit jenis barang, tentu konsumen akan berfikir kalau toko online tersebut kurang bagus untuk berbelanja karena barangnya sedikit. Di Lazada terdapat banyak sekali produk dan beraneka ragam walaupun masih didominasi oleh produk elektronik. Namun barang selain elektronik juga tersedia, seperti peralatan rumah tangga, alat musik, alat olahraga, alat kecantikan dan masih banyak lagi kategori lainnya. Jadi bisa langsung berbelanja banyak produk di Lazada.
2.      Memberikan banyak diskon menarik yang ditawarkan
Lazada sering memberikan diskon yang menarik karena diskon merupakan salah satu hal yang sangat dicari oleh konsumen untuk menghemat uang mereka.
3.      Website yang user friendly
Konsumen terkadang disulitkan saat belanja di toko online karena website nya membingungkan, tetapi di website Lazada, tampilannya sangat menarik dan navigasinya sangat jelas sehingga konsumen tidak akan tersasar di dalam website Lazada. Selain itu, Lazada juga menampilkan produk – produk unggulan (highlight) sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui barang yang laris dan direkomendasikan.
4.      Bebas ongkos kirim
Tujuan dilakukannya free delivery ke seluruh Indonesia pada dasarnya adalah untuk riset pasar. Lazada ingin melihat tingkat animo masyarakat yang belanja online di setiap kota di Indonesia agar Lazada bisa fokus ke kota yang menunjukkan animo belanja online yang tinggi. Lazada memberikan kemudahan bagi pelanggannya dengan menggratiskan ongkos kirim ke lebih dari 100 kota di Indonesia dan tentunya ini cukup bagus dalam perkembangan Lazada kedepan karena sudah pasti konsumen akan memilih toko online yang ongkos kirimnya gratis.
5.      Bisa Cash on Delivery (COD)
COD merupakan senjata Lazada dalam mengatasi masalah penipuan yang merajalela dalam dunia belanja online. Dalam menarik pelanggan, Lazada memberikan fasilitas COD karena terkadang dalam berbelanja online terdapat beberapa ketakutan konsumen seperti barang tidak sampai dan takut ditipu. Dalam fasilitas ini, konsumen dapat melakukan pembayaran di tempat saat konsumen menerima barang. Fasilitas ini baru ada di wilayah Jakarta.
6.      Pengiriman barang yang cepat
Lazada tahu persis kebutuhan konsumen karena konsumen ingin barang yang dipesan cepat sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat. Sehingga Lazada melakukan pengiriman barang yang cepat setelah proses pembayaran diterima.

Selain memiliki banyak kemudahan, jika diamati, belanja online di Lazada juga memiliki banyak kekurangan, antara lain :
1.      Konfirmasi pembayaran cukup memakan waktu
Konsumen yang ingin membeli produk di Lazada, setelah mengisi data, dan melakukan pembayaran, tentunya butuh konfirmasi yang cepat dalam hitungan menit, akan tetapi di Lazada, proses konfirmasi oleh pihak Lazada terkadang membutuhkan waktu lebih dari satu jam. Hal ini yang membuat konsumen merasa kurang puas, karena harus menunggu dan khawatir.
2.      Fasilitas COD belum bisa di banyak kota
Fasilitas COD cukup bagus untuk kalangan toko online, karena masih jarang yang menyediakan fasilitas ini. Di Lazada, hanya wilayah Jakarta dan sekitarnya saja yang bisa menggunakan fasilitas COD, akan lebih baik lagi jika Lazada memperluas jangkauan wilayah untuk fasilitas COD.
3.      Customer Service yang kurang mumpuni
Dalam hal ini, jumlah produk yang dijual Lazada sangat banyak dan customer service (CS) terbatas, sehingga Lazada terkadang telat memberi keterangan pada sistem saat menerima pesanan, atau saat stock barang sedang kosong, mereka kurang update pada halaman website.

E.    Kesimpulan dan saran dalam membuka bisnis online
Dalam membangun bisnis toko online yang bisa berkelanjutan, maka harus dilakukan penjualan yang strategis, maksudnya adalah harus tahu apa yang akan dijual, bagaimana cara menjualnya, dan siapa target pasarnya. Yang terpenting bagi pebisnis online adalah bagaimana meningkatkan jumlah penjualan dan bagaimana cara menciptakan kepuasan customer.
Meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan adalah dua hal yang berbeda. Banyak toko online yang hanya fokus meningkatkan penjualan daripada meningkatkan kepuasan pelanggan. Walaupun biasanya hal yang dilihat para investor adalah jumlah penjualan, akan tetapi kepuasan konsumen tetap menjadi hal yang sangat penting.
Semakin tingginya jumlah penjualan, tentu uang yang diterima oleh penjual akan bertambah. Tetapi supaya bisnis online tetap berjalan, maka kepuasan konsumen adalah kuncinya.

Daripada terus menghabiskan uang untuk biaya pemasaran online, akan lebih baik jika kualitas produk dan layanan ditingkakan. Kepuasan konsumen tidak bergantung kepada pelayanan saja, tetapi penjual juga harus memperhatikan tampilan halaman website dan halaman proses pembelian barang. Banyak toko online yang memiliki produk bagus dan unik, tetapi tampilan website nya buruk, tidak menarik, dan navigasinya juga tidak teratur, untuk itu, agar orang merasa tertarik untuk menelusurinya, halaman depan website harus diperhatikan. Misalnya menampilkan menu highlight agar orang tahu produk mana saja yang sedang hot di toko onlinenya.

3 komentar:

  1. nak tanye cam ne cara nak memasarkan produk sendiri di lazada

    BalasHapus
  2. Zivagold pelopor kecantikan wanita Indonesia. Kunjungi situs resmi www.creamzivagold.net

    BalasHapus
  3. Bagaimana cara memasarkan produk supaya cepat laku,strategi apa yg harus di lakukan agar dagang online nya berhasil

    BalasHapus