A. Definsi
Pemasaran Online
Pemasaran elektronik atau pemasaran internet atau
disebut juga pemasaran online adalah segala upaya menggunakan media elektronik
atau internet untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa.
Dalam bahasa Inggris, pemasaran online sering
disebut dengan e- marketing, internet
marketing, atau online marketing.
Dimana arti dari huruf e dalam e-
marketing ini berarti elektronik dimana memiliki arti bahwa kegiatan
pemasaran yang dimaksud dilakukan secara elektronik melalui media jaringan
internet.
Pemasaran online kini bukan lagi sebuah tren asal-
asalan yang sekedar muncul karena kepopuleran internet. Pemasaran online telah
menjadi sebuah pasar yang kuat dan mempunyai potensi tinggi yang akan
berlangsung dan bertahan lama.
Kegiatan pemasaran online pada umumnya meliputi pada
hal- hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek
atau pencarian pembeli, dan penulisan kalimat pemasaran untuk menjual produk
atau jasa.
Hal yang paling penting dan harus selalu diingat
adalah bagaimana terus berinovasi agar produk dan jasa dapat dengan mudah
ditemukan di internet, karena akhir- akhir ini, sebelum memutuskan untuk
membeli produk, konsumen selalu menyempatkan browsing informasi di internet,
entah itu hanya membandingkan harga, atau merinci spesifikasi produknya.
B. Manfaat
Pemasaran Online
Ilmu strategi pemasaran kini tidak lagi terbatas
pada pemasaran tradisional. Kini pemasaran online lokal atau kecil- kecilan
sekalipun harus memiliki konsep yang matang dan dapat menjangkau konsumen luas
bila ingin berkembang karena persaingan dalam pemasaran online semakin besar.
Berikut ini adalah beberapa manfaat pemasaran online
:
1. Waktu
untuk memasarkan produk yang tidak terbatas karena bisa diakses 24 jam
2. Biaya
pemasaran berkurang karena tidak perlu mendirikan outlet dan tidak perlu
brosur, spanduk dan sebagainya.
3. Bisa
menjangkau pasar yang lebih luas sampai ke manca negara.
4. Strategi
pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi
persaingan.
5. Pelaku
usaha dimudahkan dalam menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi
interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau e-mail.
C. Strategi
Pemasaran Online
Aktivitas online menjadi salah satu bagian yang
tidak terpisahkan bagi sebagian besar masyarakat di dunia, termasuk Indonesia.
Dengan melihat kondisi ini, para pengusaha mau tidak mau harus mengikuti gaya
hidup masyarakat modern agar pangsa pasar yang mereka kuasai tetap bertahan dan
bertambah.
Setidaknya ada enam jenis strategi marketing yang
banyak dilakukan oleh pengusaha untuk meraih konsumen, yaitu :
1. Content
Marketing
Strategi
ini adalah berupaya untuk menarik calon konsumen dengan cara menyediakan
beragam informasi yang dicari konsumen, misalnya video, artikel, hasil riset,
dan sebagainya. Namun, ragam informasi yang disediakan ini harus relevan dengan
jenis bisnis yang dijalankan, contohnya toko online obat kecantikan menyediakan
tips- tips agar tetap cantik dan menarik.
2. Mobile
Marketing
Strategi
pemasaran ini mengarah kepada calon konsumen yang sering browsing menggunakan
perangkat mobile seperti handphone dan tablet. Para pebisnis harus mendesain
ulang website bisnisnya agar mudah diakses dengan gadget mobile. Menurut
berbagai sumber, rata- rata jumlah konsumen yang membeli produk lewat ponsel
saat ini mencapai 30-40 %.
3. Continuous
Marketing
Pemasaran
yang berkelanjutan ini menekankan kepada promosi pada jejaring media sosial.
Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram menjadi jalur utama
dalam melaksanakan continuous marketing.Pebisnis harus rajin menganalisis
berbagai data agar bisnisnya berkembang, misalnya feedback konsumen dan opini
untuk menemukan konsep produk bisnis yang diinginkan konsumen.
4. Intregated
Digital Marketing
Strategi
pemasaran ini memanfaatkan dan menyatukan segala komponen sumber daya digital
yang ada untuk memperkuat efektifitas pemasaran. Misalnya kampanye brand,
sinergi antar blog, media sosial dan sebagainya harus selalu berkolaborasi
untuk menjangkau konsumen yang bervariatif.
5. Visual
Marketing
Visual marketing lebih mengedepankan bagaimana
menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan karena satu
gambar bisa mewakili 1000 kata. Saat ini visual marketing semakin mudah
dilakukan di dunia maya berkat adanya berbagai situs sharing seperti Youtube,
instagram, vine dan lainnya. Kreatifitas dalam membuat gambar merupakan salah
satu prasyarat untuk sukses dalam menjalankan strategi visual marketing.
6. Personalized
Marketing
Biasanya
strategi ini sering disebut dengan istilah one to one marketing yaitu strategi
pemasaran yang mengedepankan bahwa setiap personal konsumen adalah unik,
sehingga masing- masing konsumen mendapat perlakuan yang berbeda- beda. Di
bisnis e-commerce, personalized marketing dapat kita lihat pada cara kerja
sebuah situs toko online yang menampilkan produk- produk yang dijualnyaberbeda-
beda untuk masing- masing user, baik berdasarkan target lokasi, minat dan hobi,
umur, gender, dan sebagainya. Raja toko online dunia yaitu Amazon telah sukses
menerapkan straategi personalized marketing ini.
Selain
enam strategi pemasaran di atas, sebuah perusahaan online harus melihat dua hal
dalam mengembangkan toko online mereka, yaitu :
1. Website
Sebuah
website memainkan peran penting dalam kemampuan perusahaan untuk menambah
konsumen. Karena pelanggan potensial akan mencari informasi produk dan layanan
yang diberikan di situs website. Sebuah website memberikan eksistensi online
yang memungkinkan pelanggan untuk mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan,
layanan, dan produk yang dijual. Website kolektif juga salah satu cara yang
bagus untuk memasarkan dan menjual produk mereka karena bisa ditangani oleh
banyak admin dan beban operasional website akan lebih murah.
2. Promosi
Dalam
memasarkan toko online, tidak hanya di media sosial, para pengusaha sudah
banyak yang melakukan promosi di media televisi karena hampir semua orang
setiap hari menonton acara televisi. Promosi bisa dilakukan dengan membuat
iklan yang inovatif, kreatif, dan menarik dengan menawarkan kemudahan
berbelanja di toko online mereka, dan menawarkan banyak diskon, serta kemudahan
lainnya. Tujuannya hanya satu, yaitu menarik konsumen dan membuat konsumen puas
dengan fasilitas yang dimiliki toko online tersebut.
D. Strategi
Pemasaran Online LAZADA
Lazada.co.id adalah salah satu toko online terbaik
di Indonesia yang hadir dengan konsep produk yang lengkap dan kemudahan belanja
online pesan antar. Keberhasilan sistem pemasaran online tentunya tidak lepas
dari antusiasme masyarakat Indonesia yang menginginkan kemudahan dan
kepraktisan dalam berbelanja.
Visi Lazada saat mulai dirintis adalah menjadi toko
online yang paling bisa dipercayai di Indonesia, karena pada awal Lazada
berdiri, mereka melihat masih banyak orang di Indonesia yang belum percaya
dengan belanja online. Menurut Lazada, ini adalah peluang yang harus segera
diambil. Lazada percaya bahwa jika toko online nya ingin menjadi besar, maka Lazada
harus menjadi toko online yang bisa dipercaya. Tetapi menjadi terpercaya
belumlah lengkap, oleh karena itu, Lazada menjual banyak produk dengan rincian
kualitas dan spesifikasinya, karena pada waktu itu, toko online banyak yang
menjual produk tanpa disertai spesifikasi produknya.
Ketika Lazada berdiri, mereka fokus pada produk
elektronik. Ini terbukti dengan hasil penjualan awal Lazada dimana sekitar 95%
berasal dari produk elektronik. Penjualan elektronik Lazada pada awalnya
didominasi oleh smartphone dengan jumlah sekitar 70-80% dimana Blackberry yang
mendominasi penjualan smartphone Lazada. Sadar akan tingginya permintaan
Blackberry pada masa- masa awal Lazada berdiri, Lazada menjadikan Blackberry
sebagai pusat perhatian dengan terus menawarkan diskon menarik agar orang mau
mengunjungi dan berbelanja di Lazada. Upaya promosi ini mengharuskan Lazada
untuk mengurangi margin mereka pada produk ini menjadi 3%. Disinilah Lazada
tahu dan paham mana yang sebaiknya menjadi prioritas dalam berbisnis.
Lazada memberikan pelayanan terbaik dari segi
kelengkapan produk, pelayanan dan sistem pembayaran. Lazada menyediakan banyak
pilihan produk dari berbagai merek dan potongan harga yang menggiurkan jika
dibanding dengan toko online lainnya. Selain itu, Lazada sangat peka terhadap
perkembangan trend di Indonesia. Dan berkat cepatnya perkembangan Lazada,
Lazada telah menduduki top website di Indonesia.
Dalam pemasaran online nya, Lazada pernah bekerja
sama dengan Sony Music dalam campaign
One Direction, yaitu dengan memberangkatkan beberapa pelanggan Lazada untuk
bertemu dengan One Direction. Hal ini adalah salah satu dari sekian banyak strategi
pemasaran online yang dilakukan Lazada untuk terus menarik pelanggan.
Lazada sangat mementingkan user interface website untuk kemudahan berbelanja bagi setiap
orang, sehingga Lazada meluncurkan website yang lebih bersahabat dan mudah
digunakan untuk setiap pengunjung lazada.co.id .
Dengan semakin banyaknya produk yang dijual dan
konsumen yang terus bertambah, banyak perusahaan modal usaha dari luar negeri
yang menanamkan dana investasi hingga jutaan USD.
Supply Chain
dan Marketing adalah pilar utama di
Lazada dalam menentukan pertumbuhan bisnis online mereka. Dua elemen inilah
yang bisa membuat Lazada tumbuh besar seperti sekarang. Teknologi yang
digunakan Lazada tidak begitu inovatif, dalam artian teknologinya tidak rumit
dan bisa ditiru banyak orang, tetapi teknologi bukan bagian terpenting di
Lazada, melainkan Supply Chain dan Marketing itu sendiri.
Dalam strategi pemasaran online nya,untuk terus
menarik konsumen dan untuk menambah pelanggan tetap, Lazada memberikan banyak
kemudahan bagi konsumen, antara lain :
1. Menyediakan
produk beraneka ragam
Saat
konsumen berkunjung ke website toko online yang menjual sedikit jenis barang,
tentu konsumen akan berfikir kalau toko online tersebut kurang bagus untuk
berbelanja karena barangnya sedikit. Di Lazada terdapat banyak sekali produk
dan beraneka ragam walaupun masih didominasi oleh produk elektronik. Namun
barang selain elektronik juga tersedia, seperti peralatan rumah tangga, alat
musik, alat olahraga, alat kecantikan dan masih banyak lagi kategori lainnya.
Jadi bisa langsung berbelanja banyak produk di Lazada.
2. Memberikan
banyak diskon menarik yang ditawarkan
Lazada
sering memberikan diskon yang menarik karena diskon merupakan salah satu hal
yang sangat dicari oleh konsumen untuk menghemat uang mereka.
3. Website
yang user friendly
Konsumen
terkadang disulitkan saat belanja di toko online karena website nya
membingungkan, tetapi di website Lazada, tampilannya sangat menarik dan
navigasinya sangat jelas sehingga konsumen tidak akan tersasar di dalam website
Lazada. Selain itu, Lazada juga menampilkan produk – produk unggulan (highlight) sehingga memudahkan konsumen
untuk mengetahui barang yang laris dan direkomendasikan.
4. Bebas
ongkos kirim
Tujuan
dilakukannya free delivery ke seluruh
Indonesia pada dasarnya adalah untuk riset pasar. Lazada ingin melihat tingkat
animo masyarakat yang belanja online di setiap kota di Indonesia agar Lazada
bisa fokus ke kota yang menunjukkan animo belanja online yang tinggi. Lazada
memberikan kemudahan bagi pelanggannya dengan menggratiskan ongkos kirim ke
lebih dari 100 kota di Indonesia dan tentunya ini cukup bagus dalam
perkembangan Lazada kedepan karena sudah pasti konsumen akan memilih toko
online yang ongkos kirimnya gratis.
5. Bisa
Cash on Delivery (COD)
COD
merupakan senjata Lazada dalam mengatasi masalah penipuan yang merajalela dalam
dunia belanja online. Dalam menarik pelanggan, Lazada memberikan fasilitas COD
karena terkadang dalam berbelanja online terdapat beberapa ketakutan konsumen
seperti barang tidak sampai dan takut ditipu. Dalam fasilitas ini, konsumen
dapat melakukan pembayaran di tempat saat konsumen menerima barang. Fasilitas
ini baru ada di wilayah Jakarta.
6. Pengiriman
barang yang cepat
Lazada
tahu persis kebutuhan konsumen karena konsumen ingin barang yang dipesan cepat
sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat. Sehingga Lazada melakukan
pengiriman barang yang cepat setelah proses pembayaran diterima.
Selain memiliki banyak kemudahan, jika diamati,
belanja online di Lazada juga memiliki banyak kekurangan, antara lain :
1. Konfirmasi
pembayaran cukup memakan waktu
Konsumen
yang ingin membeli produk di Lazada, setelah mengisi data, dan melakukan
pembayaran, tentunya butuh konfirmasi yang cepat dalam hitungan menit, akan
tetapi di Lazada, proses konfirmasi oleh pihak Lazada terkadang membutuhkan
waktu lebih dari satu jam. Hal ini yang membuat konsumen merasa kurang puas,
karena harus menunggu dan khawatir.
2. Fasilitas
COD belum bisa di banyak kota
Fasilitas
COD cukup bagus untuk kalangan toko online, karena masih jarang yang
menyediakan fasilitas ini. Di Lazada, hanya wilayah Jakarta dan sekitarnya saja
yang bisa menggunakan fasilitas COD, akan lebih baik lagi jika Lazada
memperluas jangkauan wilayah untuk fasilitas COD.
3. Customer
Service yang kurang mumpuni
Dalam
hal ini, jumlah produk yang dijual Lazada sangat banyak dan customer service
(CS) terbatas, sehingga Lazada terkadang telat memberi keterangan pada sistem
saat menerima pesanan, atau saat stock barang sedang kosong, mereka kurang
update pada halaman website.
E. Kesimpulan
dan saran dalam membuka bisnis online
Dalam membangun bisnis toko online yang bisa
berkelanjutan, maka harus dilakukan penjualan yang strategis, maksudnya adalah
harus tahu apa yang akan dijual, bagaimana cara menjualnya, dan siapa target
pasarnya. Yang terpenting bagi pebisnis online adalah bagaimana meningkatkan
jumlah penjualan dan bagaimana cara menciptakan kepuasan customer.
Meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan adalah
dua hal yang berbeda. Banyak toko online yang hanya fokus meningkatkan
penjualan daripada meningkatkan kepuasan pelanggan. Walaupun biasanya hal yang
dilihat para investor adalah jumlah penjualan, akan tetapi kepuasan konsumen
tetap menjadi hal yang sangat penting.
Semakin tingginya jumlah penjualan, tentu uang yang
diterima oleh penjual akan bertambah. Tetapi supaya bisnis online tetap
berjalan, maka kepuasan konsumen adalah kuncinya.
Daripada terus menghabiskan uang untuk biaya
pemasaran online, akan lebih baik jika kualitas produk dan layanan ditingkakan.
Kepuasan konsumen tidak bergantung kepada pelayanan saja, tetapi penjual juga
harus memperhatikan tampilan halaman website dan halaman proses pembelian
barang. Banyak toko online yang memiliki produk bagus dan unik, tetapi tampilan
website nya buruk, tidak menarik, dan navigasinya juga tidak teratur, untuk
itu, agar orang merasa tertarik untuk menelusurinya, halaman depan website
harus diperhatikan. Misalnya menampilkan menu highlight agar orang tahu produk mana saja yang sedang hot di toko
onlinenya.
nak tanye cam ne cara nak memasarkan produk sendiri di lazada
BalasHapusZivagold pelopor kecantikan wanita Indonesia. Kunjungi situs resmi www.creamzivagold.net
BalasHapusBagaimana cara memasarkan produk supaya cepat laku,strategi apa yg harus di lakukan agar dagang online nya berhasil
BalasHapus